Serba-serbi tentang data ADCP, bagaimana membaca dan mengolahnya

Saya sedang punya proyek untuk menulis hal-hal penting terkait data ADCP dan bagaimana cara membaca dan mengolahnya di dalam Blog OSEANOGRAFI ini. Rencananya tulisan ini akan dibagi menjadi 2 bagian utama, yaitu:

Bagian 1: tentang jenis-jenis ADCP, sistem akuisi, dan karakteristik datanya.

Bagian 2: tentang cara membaca dan mengolah data ADCP serta perangkat lunak yang dapat digunakan untuk keperluan tersebut.

Sepertinya 2 bagian itu sudah cukup banyak. Atau mungkin ada hal lain yang perlu ditambahkan? silahkan kasih saya masukan ya kalau berkenan.

Proyek penulisan ini mungkin perlu waktu yang agak lama, tapi saya berjanji untuk secara disiplin dan konsisten mem-posting-nya di blog ini. Motivasinya sederhana saja. Motivasi pertama, saya ingin menghidupkan kembali blog yang sudah berdiri sejak tahuan 2000-an ini dan mengisinya dengan informasi-informasi tentang oseanografi yang mudah-mudahan dapat bermanfaat. Motivasi kedua, saya ingin meneruskan untuk belajar lebih detail lagi tentang ADCP yang sudah saya awali di tahun 2007 ketika mengikuti pelayaran di Samudera Pasifik dengan Kapal Riset Mirai dari JAMSTEC, Jepang. Motivasi ketiga, saya ingin membuat panduan teknis yang semoga bermanfaat untuk para calon Oseanografer Indonesia.

Akhir kata, mumpung masih hangat, saya ingin mengucapkan “Selamat Hari Nusantara, 13 Desember 2017!” Semoga semangat Deklarasi Djuanda selalu bergelora di dada kita semua. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s