Laut dan sampah plastik

Sampah di laut saat ini sedang menjadi isu hangat di Indonesia dan bahkan di dunia. Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan, ada sekitar 9 juta ton sampah plastik yang dibuang ke laut Indonesia setiap tahunnya. Jumlah yang menurut saya sangat “ruarr biasa”!

Untuk bisa membayangkan keluarbiasaan jumlah ini, mari kita lihat ilustrasi berikut:

Tulisan lama saya di blogonesia yang mengulas tentang sampah di Teluk Jakarta, pernah mencoba membandingkan berat sampah dengan berat pesawat Airbus A-300. Satu pesawat ini memiliki berat sekitar 90 ton. Jadi, kalau di laut Indonesia setiap tahunnya dibuang sampah seberat 9 juta ton, itu setara dengan 100.000 buah pesawat Airbus A-300. Luar biasa! Nah, jika dibandingkan dengan sampah di DKI Jakarta, yang menurut berita di beritagar jumlahnya 7.000 ton per hari, atau 2,555 juta ton per tahun, maka sampah yang dibuang ke laut Indonesia per tahunnya itu sekitar 3,5 kali jumlah sampah yang dihasilkan DKI Jakarta per tahunnya. Wow!

Melihat ilustrasi di atas dan jika datanya memang benar, saya merasa kasihan dan prihatin sekali dengan derita yang dialami laut kita dan para penghuninya.

Oh iya, saya juga pernah memposting di blog saya tulisan dengan judul “Sampah, bisnis yang mahal”. Sepertinya, ide-ide saya di tulisan tahun 2006 itu masih cukup relevan untuk bisa direalisasikan supaya Indonesia bisa mengurangi jumlah sampah yang tidak tertangani ini.

 

One thought on “Laut dan sampah plastik

  1. Pingback: Sampah Plastik Laut | OSEANOGRAFI

Leave a Reply

