Pelayaran WOC 2009

19 01 2010

Sebetulnya ini kegiatan tahun lalu, hanya saja karena banyaknya kesibukan di kantor, baru sempat dimuat di blog oseanografi saat ini.

Ceritanya, dalam rangka memeriahkan dan menyukseskan perhelatan akbar World Ocean Conference (WOC) 2009 di Manado, Sulawesi Utara tanggal 11-15 Mei 2009 yang lalu, Kapal Riset Baruna Jaya IV milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan pelayaran ke Manado dan mengadakan acara Open Ship di Teluk Manado. Dalam pelayaran ini dilakukan pula kegiatan pengambilan sampel air untuk analisis nutrien, klorofil-a, pH, alkalinitas, dan karbon anorganik terlarut (dissolved inorganic carbon, DIC) serta pengukuran konduktivitas-temperatur-kedalaman (conductivity-temperature-depth, CTD) dan arus laut serta survei ikan laut dalam. Selain untuk memeriahkan dan menyukseskan acara WOC 2009, kegiatan ini ditujukan pula untuk memberikan pelatihan kepada para mahasiwa dan dosen ilmu kelautan dan perikanan.

Pelayaran yang diawali acara pelepasan oleh Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Prof. Dr. Indroyono Soesilo di Pelabuhan Tanjung Priok tanggal 28 April ini diikuti oleh beberapa mahasiswa (dan dosen) dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Syah Kuala (UNSYIAH), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT), serta Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta (STIP). Pokoknya ramai deh! Lintasan yang diambil adalah Tanjung Priok-Laut Jawa-Selat Makassar bagian selatan-Laut Banda-Laut Maluku-Teluk Manado.

Nah di pelayaran ini, sembari menunggu tiba di tempat pengambilan data, diadakan pula pelatihan dan presentasi oleh para narasumber dan tim peneliti dari Balai Teknologi Survey Kelautan (dulu UPT Baruna Jaya). Kebetulan di pelayaran ini saya juga ikut sebagai narasumber sekaligus saintis untuk survey CO2 di laut (cerita tentang kegiatan pengukuran CO2 di laut nanti akan saya tuliskan dalam postingan terpisah deh, janji!).

Berikut adalah materi yang diberikan selama pelayaran:

  1. Dasar keselamatan dalam pelayaran, pengenalan kapal, dan peralatan survei.
  2. Pengenalan teknologi dan peralatan survei.
  3. Teknologi survey oseanografi dan penerapannya.
  4. Praktikum pengambilan data dan sampel air laut beserta cara mengolah dan menganalisisnya di laboratorium.
  5. Pengenalan teknologi survei batimetri dengan multibeam.
  6. Penerapan teknologi penginderaan jauh untuk perikanan laut.
  7. Teori dan praktek penangkapan ikan dengan menggunakan trawl dan identifikasi jenis serta preparasi sampel ikan.

Alhamdulillah, selama pelayaran kondisi laut sangat tenang, mulus banget bak jalan tol. Yang jelas, tidak ada yang mengalami mabok laut, nafsu makan juga bagus. Akibatnya, selesai pelayaran berat badan bertambah. Apalagi, suplai makanan di kapal betul-betul non stop, selalu ada makanan yang siap untuk dikunyah.

Berlayar itu memang menyenangkan, asal kondisi laut bersahabat.


Actions

Information

One response

5 03 2011
Aidia MJ

apa kabar pak,,,,,lama gak berjumpa….ternyata webblog ini punya bapak yach,,,,,by aidia (mahasiswa unsyiah yang mengikuti pelayar ke WOC 2009)..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: