Beberapa publikasi yang mungkin berguna

27 08 2008

Wah, sudah lama juga nggak ngupdate blog ini. Kebetulan hari ini sempat nengokin blog ini gara-gara dapat e-mail dari Dr Richard Downer, BODC Webmaster dari British Oceanographic Data Centre yang menginformasikan alamat baru untuk data General Bathymetric Chart of the Oceans (GEBCO) yang ada di halaman https://oseanografi.wordpress.com/links/.

Lucunya, e-mail dari dia ini ditujukan ke alamat e-mail saya tetapi untuk blog orang lain, yaitu http://masantos.wordpress.com/link-oseanografi/ yang kebetulan isi dari halaman ini memang sekedar copy-paste dari halaman links di blog saya (apa kata dunia, hare gene bisanya cuma copy-paste aja?).

Oh iya, sekalian ngupdate link GEBCO, saya juga ingin berbagi beberapa tulisan yang telah saya buat selama mulai menetap di Indonesia sekembalinya dari Hamburg. Berikut judul dan link ke file pdf-nya, mudah-mudahan ada manfaatnya…

  1. Model pasang surut tidak linear dengan metode asimilasi data variasional, ukuran file 961 kB, makalah yang saya presentasikan di Seminar Nasional Kelautan dan Perikanan di Jurusan Perikanan dan Kelautan, Fakultas Pertanian UGM dengan tema ”Inovasi Riset untuk Meningkatkan Nilai Tambah Produk Perikanan dan Kelautan”, yang berlangsung hari Sabtu, 26 Juli 2008. Sedikit cerita tentang acara seminarnya bisa dilihat di sini.
  2. Modul Pengenalan Data Oseanografi, ukuran file 89 kB, sedikit membahas tentang sejarah survey (pengumpulan data) oseanografi di Indonesia dan sumber-sumber data, baik yang ada di lembaga penelitian di Indonesia maupun yang tersedia online dan gratis dari lembaga-lembaga penelitian di luar negeri. Sederhana sekali, hanya sekedar memberikan gambaran umum.
  3. Modul OTPS, ukuran file 282 kB, berisi penjelasan mengenai cara menggunakan perangkat lunak OTPS (OSU Tidal Prediction Software), bersifat sangat teknis, sebagian besar isinya saya terjemahkan langsung dari petunjuk yang ada dalam paket OTPS yang bisa diunduh dari situsnya Oregon State University.
  4. Modul Membaca NetCDF, ukuran file 420 kB, juga bersifat sangat teknis, ditulis berdasarkan pengalaman saya menggunakan salah satu NetCDF toolbox-nya Matlab untuk membaca data reanalisis dari NCEP (National Centre for Environmental Prediction).

Actions

Information

One response

7 10 2008
winD

“Lucunya, e-mail dari dia ini ditujukan ke alamat e-mail saya tetapi untuk blog orang lain, yaitu http://masantos.wordpress.com/link-oseanografi/ yang kebetulan isi dari halaman ini memang sekedar copy-paste dari halaman links di blog saya (apa kata dunia, hare gene bisanya cuma copy-paste aja?).”

hal beginian lagi marak..kayaknya boleh tuh orangnya di ‘ingetin’tuh pak….kayak kasusnya http://www.ceritaambar.com/2008/10/fighting-copyright-issue-with-blogger.html dan http://www.ceritaambar.com/2008/09/saya-capek-dibajak.html pak…

Leave a Reply

