Data Batimetri Digital

5 10 2006

Jaman dulu saya kuliah S1, kalau mau memodelnumerikkan sebuah daerah (misalnya menghitung arus dan elevasi pasang surut dengan model hidrodinamika pasang surut) salah satu input yang diperlukan adalah data kedalaman laut alias batimetri. Biasanya model-model yang kita pakai menggunakan skema beda hingga dengan dimensi sel yang seragam. Untuk itu maka kita memerlukan peta batimetri keluaran Dinas Hidro Oseanografi (Dishidros) TNI AL. Selanjutnya, karena waktu itu kita tidak punya digitizer, kita letakkan kertas kalkir bergaris di atas peta itu dan kita buat kotak-kotak seukuran sel yang kita inginkan untuk selanjutnya kita tuliskan harga kedalaman pada setiap sel tersebut. Oh iya, untuk memudahkan pekerjaan ini, sebelumnya kita buat terlebih dahulu kontur kedalamannya secara manual di atas peta agar lebih mudah dalam mengisi harga kedalam pada setiap sel yang ada.

Sebenarnya, dan seharusnya, Dishidros TNI AL sebagai pengelola tunggal peta-peta hidrografi Indonesia bisa menyediakan peta digitalnya secara gratis kepada kita karena sebenarnya mereka bekerja kan juga dibayari oleh APBN ya? Uang rakyat gitu lho maksud saya. Tapi sayangnya, untuk mendapatkan format digitalnya sampai sekarang masih cukup sulit, dan kalaupun ada, cukup mahal untuk kantong para peneliti kelautan Indonesia, apalagi mahasiswa.

OK, untuk sementara kita lupakan saja masalah itu karena di jaman sekarang ini peta-peta batimetri yang gratis dan dalam format digital sudah banyak tersedia di dunia maya seperti misalnya TerrainBase dengan resolusi 5 menit, ETOPO2 dengan resolusi 2 menit, ada juga Sandwell and Smith Bathymetry (SSB) juga dengan resolusi 2 menit. Sementara itu, untuk yang resolusi 1 menit, ada General Bathymetric Chart of the Oceans (GEBCO). Sayangnya untuk mengunduh file-file ini perlu koneksi internet yang cukup bagus karena ukuran datanya cukup besar. Sebagai gambaran, data TerrainBase memiliki ukuran sekitar 17MB, ETOPO2 berukuran 80MB, SSB berukuran 133MB, dan GEBCO berukuran 274MB (semua dalam kondisi terkompresi).

Nah kalau peta batimetri digitalnya kita sudah punya, langkah lebih lanjut yang diperlukan adalah bagaimana mengekstrak data batimetri dari peta-peta digital itu untuk daerah model yang kita inginkan, karena peta digital yang ada masih mencakup area global (seluruh dunia). Kalau yang sudah biasa dengan pemrograman dan familiar dengan bahasa Fortran atau C mungkin tidak begitu masalah, bisa membuat program sendiri, toh info tentang format penyimpanan data yang digunakan juga dapat dibaca di dokumentasi mereka.

Pembuat peta biasanya juga menyediakan program bacanya, bahkan ada juga pihak ketiga yang menyediakan secara gratis program bacanya, tinggal pintar-pintarnya kita mencari di dunia maya. M_Map adalah salah satu dari sekian banyak software pembantu yang mendukung pembacaan data-data batimetri yang saya sebutkan di atas. M_Map ini merupakaan Mapping toolbox untuk Matlab yang tersedia gratis dan cukup mudah penggunaannya, terutama kalau kita sudah terbiasa dengan Matlab.

Untunglah di dunia ini banyak tersedia sumber-sumber gratis, sehingga pekerjaan penelitian menjadi lebih mudah. Seharusnya Dishidros TNI AL malu melihat fenomena ini dan bisa berbuat lebih baik dengan menyediakan peta batimetri digital secara gratis atau dengan harga yang cukup murah untuk seluruh peneliti kelautan di tanah air. Ironis sekali kan kalau untuk data seperti ini saja kita justru mendapatkannya dari luar negeri, gratis pula! Kapan majunya kita kalau begini terus!


Actions

Information

7 responses

9 01 2007
foobar

wah, anda bisanya mengecam negeri sendiri, mana software pembaca peta buatan anda, bagi dong dan gratiskan, menurut tulisan anda diatas anda bisa Fortran dan C tolong dong Source Code nya, supaya kami yang bego’ ini bisa dapat pasokan ilmu gratis dari anda, sekali lagi jangan ngomong thok! berkarya!!!!, buat peta digital, buat softwarenya, , ayo bangun indeonesia mu dengan berkarya. NATO!!!

9 01 2007
oseanografi

# foobar:

hihihi… sudah dikasih linksnya masih minta ke saya sourcenya. di links yang saya kasih sudah ada program dan source untuk membaca datanya mas/mbak, tinggal anda download ke komputer anda, pelajari dan pakai kalau sudah mengerti.

7 04 2009
andi

terimakasih atas links, saya sudah download data untuk wilayah indonesia di interactive map scale 30 second sy jg download GEBCO Grid display software untuk membaca tp tidak bisa diproses…??? bisa kasih info untuk proseingnya…?? data yg saya download berformat NC File..atas bantuannya terimakasih

9 06 2011
kbw

om cara download lewat gebco gimana sih?? bingung saya setiap klik linik munculnya web
thx dan sukses selalu

30 05 2012
Amin

Ilmu yang sangat bermanfaat. Semoga diganti sebagai amal jariyah.
saya ingin belajar tentang pemodelan Pak. Kebetulan sedikit tau tentang MIKE21, namun secara dasar keilmuannya lemah. Boleh diskusi Pak? via apa ya?….
Terimakasih

4 07 2012
lili

saya pemula di dunia pemetaan,,saya belajar otodidak,,saya sudah buka linksnya,,tapi gimana cara mendowonload nya ya??saya bingung

12 01 2016
Reza Patamarda

ambil data batimetri bisa ga ya di google earth?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: