Persamaan Keadaan Air Laut

29 09 2006

Ada seseorang yang mengirimi saya e-mail menanyakan tentang persamaan keadaan air laut (equation of state of seawater) . Dalam tulisan saya sebelumnya mengenai densitas air laut, saya hanya menuliskan persamaan keadaan sebagai ρ = ρ(t,S,p), yang artinya bahwa densitas air laut bergantung pada temperatur air laut (t), salinitas (S), dan tekanan (p). Kenapa hanya ditulis seperti itu? karena rumusnya panjang bo!

Perdefinisi, persamaan keadaan air laut adalah persamaan yang menghubungkan densitas air laut dengan temperatur, salinitas, dan tekanan air laut. Persamaan ini dihasilkan dengan cara mencocokan kurva-kurva (fitting curves) densitas sebagai fungsi temperatur, salinitas, klorinitas, atau konduktivitas, dan tekanan melalui pengukuran laboratorium. Persamaan keadaan yang digunakan saat ini adalah persamaan keadaan (1980) yang dipublikasikan oleh Joint Panel on Oceanographic Tables and Standards pada tahun 1981. Berikut adalah persamaan keadaan itu:

ρ(t,S,p)=ρ(t,S,0)/(1-p/K(t,S,p))

dimana ρ(t,S,0) adalah persamaan keadaan air laut international, 1980, pada tekanan 1 atmosfer, dan K(t,S,p) adalah secant bulk modulus dan dinyatakan sebagai:

K(t,S,p)=K(t,S,0) + Ap + Bp2

Sedangkan

K(t,S,0)=Kw+(54,6746 – 0,603459 t + 1,09987 x 10-2 t2 -6,1670 x 10-5 t3) S
+(7,944 x 10-2 + 1,6483 x 10-2 t – 5,3009 x 10-4 t2) S3/2)

A=Aw + (2,2838 x 10-3 – 1,0981 x 10-5 t – 1,6078 x 10-6 t2) S + 1,91075 x 10-4 S3/2

B=Bw + (-9,9348 x 10-7 + 2,0816 x 10-8 t + 9,1697 x 10-10 t2) S

dan suku untuk air murni (pure water) Kw, Aw, dan Bw diberikan oleh:

Kw=19,65221 + 148,4206 t – 2,327105 t2 + 1,360477 x 10-2 t3 – 5,155 288 x 10-5 t4

Aw=3,239908 + 1,43713 x 10-3 t + 1,16092 x 10-4 t2 – 5,77905 x 10-7 t3

Bw=8,50935 x 10-5 – 6,12293 x 10-6 t – 5,2787 x 10-8 t2

Persamaan keadaan ini valid untuk rentang salinitas 0 sampai 42, temperatur -2 sampai 40oC dan tekanan antara 0 sampai 1000 bar.


Actions

Information

17 responses

11 04 2007
shanty

maaf yah pak menggangu, tapi saya sangat butuh jawabanya bapak, saya mautanya
1. mengapa air laut itu harus asin? kan air laut itukan selalu mengalami pergantian air dari air di darat dan air di darat sedangkan air yang mengalami pergantian itu kan tidak asin.

2. mengapa ikan di laut itu juga tidak asin yah pak?

makasih yah pa atas bantuanya

19 07 2007
djarmono

mengapa air laut asin, kalau tidak asin tidak ada yang jual garam dan manusia kekurangan garam,

mengapa ikan di laut tidak asin, kalau ikan itu asin, nanti tidak nelayan yang membuat ikan asin dan penjual garam bisa kena timbunan garam, oye hahahahahahahah asik nich yee

2 11 2007
Atrortecoff

ONLINE – DRUGSTORE!
PRICES of ALL MEDICINES!

FIND THAT NECESSARY…
VIAGRA, CIALIS, PHENTERMINE, SOMA… and other pills!

Welcome please: pills-prices.blogspot.com

NEW INFORMATION ABOUT PAYDAY LOANS!

Welcome please: payday-d-loans.blogspot.com

GOOD LUCK!

26 03 2008
Azir

Siang pak…
Saya Mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan Unsyiah ne, mau bertanya tentang penggunaan persamaan Hidrodinamika 2D yang diakibatkan Arus pasut pada daerah pelabuhan. kira-kira bagaimana solusi numeriknya?? selain itu, bisa bapak jelaskan tentang koreksi Astronomi (untuk fasa atau Amplitudo). Mohon balasannya… Thanx.

31 10 2008
Zuru

Pak, saya ada pertanyaan nih…

Kenapa air laut yang salinitasnya di atas 24,7 ppt susah membeku ya? Terus kenapa kalo yg di bawah kisaran itu, bisa membeku permukaannya? Terus, kalo di kutub kok ada bagian laut yang bisa membeku, kenapa di lautan terbuka (di tengah samudera) ga ada air yang membeku? Pdhl kan sering kalo di laut, kita merasakan angin dingin..?

19 11 2008
orbis

Air laut itu asin, karena pada saat turun hujan, air yang turun akan bercampur dengan CO2 yang terdapat di udara. Sehingga air akan menjadi bersifat asam. Air yang asam ini dalam perjalananya ke sungai dan akhirnya kelaur akan mengikis batuan , sehingga mineralnya akan terbawa ke laut.

Kadar garam di laut penting sebagai energi penggerak, yang menyebabkan pertukaran antara air laut panas dan dingin.
Selain itu kadar garam juga berguna untuk mencegah terjadinya pembekuan air.
Seperti yang kita ketahui, garam dapat menurunkan titik beku air. Sehingga air di kadar garam yang kandungannya sekitar 3,5 % tidak akan membeku di air yang bersuhu minus 1,8°C seperti di kutub utara!!

Fenomena selanjutnya yang menarik adalah air yang membeku di lautan akan melepaskan kandungan garamnya, sehingga setiap terjadi proses pembekuan air di laut, kadar garamnya akan semakin tinggi. Ini akan menyulitkan proses pembekuan selanjutnya.

Maha besar tuhan!

Silahkan kunjungi thread :
http://kaskus.us/showthread.php?t=1115586

30 11 2008
renny

masihkah asumsi bahwa laut homogen dapat digunakan?? padahal lautkan tidak ada yang homogen???
pada pembentukan arus geostropik ada slope karena densitas beda,tp ada anggapan bahwa laut itu homogen??bagaimana?

19 12 2008
iis

mau tanya, densitas garam itu berapa?

19 12 2008
dwi

saya ingin tau tentang persamaan hidrodinamika 2 dimensi dengan gaya pembangkit pasang surut.
Terimakasih

13 04 2009
alkimia

dalam air laut terjadi banyak sekali aktifitas biologi, geologi dan kimiawi.. apakah hal-hal itu tidak diperhitungkan dalam menentikan persamaan keadaan air laut tersebut. ada juga persamaan keadaan gas ideal dalam termodimamika, apakan persamaan keadaan air laut itu juga bersifat ideal??? trimakasih………..

27 08 2009
DH Ali Imran

Menarik

13 05 2010
Riyadipraja

Boleh tanya g??
Gimana caranya mengukur arus geostropik di lapangan??
Thanks b4

24 08 2011
4 02 2014
wawan

ada tambahan nih kenapa air laut itu asin. selain adanya pengikisan dari batuan. mineral yang bnyak terkandung dilaut itu adalah mineral garam yang sebagian besar berupa clhor. nah garam clhor memiliki sifat asin dan memiliki waktu tinggal yang sangat lama. sehingga untuk mluruhkan garam clhor dilaut butuh waktu yang sangat lama. sehingga air laut tetap asin ditambah aktivitas vulkanik yang terus mengeluarkan mineral-mineral garam.

ikan laut kenapa tidak asin karena ikan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri.

4 02 2014
wawan

renny: kalo gk salah asumsi laut homogen itu pada saat kita menentukan arus ekman, agar tidak ada pengaruh dari densitas.
coba koreksi lagi

30 07 2015
gus

bagaimana cara mendapatkan nilai p(t,S,p)

30 07 2015
sam

bagaimana cara untuk mendapatkan nilai ρ(t,S,0)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: