Zonal Meridional

27 09 2006

Dulu, sewaktu saya baru saja lulus dan mulai ikut belajar tentang El-Nino di tempat kerja saya, saya sedikit bingung dengan istilah angin zonal yang biasanya suka disebut-sebut dalam paper-paper yang membahas tentang El-Nino. Karena tidak tahu apa artinya, saya pun mencoba bertanya ke seorang kawan satu angkatan yang juga bekerja di kantor yang sama yang kebetulan mengambil bidang keahlian meteorologi waktu kuliah dulu. Sayangnya teman saya itu pun tak tahu apa yang dimaksud dengan angin zonal.

Akhirnya, karena penasaran, saya coba untuk mencari tahu sendiri, tentu saja melalu internet yang kebetulan waktu itu masih sangat bagus koneksinya karena proyek Ipteknet masih punya banyak dana bantuan luar negeri. Ternyata oh ternyata, angin zonal itu maksudnya adalah angin komponen timur-barat. Kalau itu mah tahu dong! cuman biasanya kalau saya ngolah data arus laut, biasanya kita hanya menyebutnya sebagai arus komponen timur-barat, bukan arus zonal. Alasannya mungkin sederhana, karena biasanya saya bekerja pada daerah penelitian yang sempit, sementara istilah zonal mungkin lebih tepat untuk suatu daerah penelitian yang luas seperti pada kasus El-Nino dimana daerah tinjauannya mencakup Samudera Pasifik sepanjang ekuator yang luas itu.

Ketika menganalisis data angin atau arus laut, biasanya kita sering memisahkannya menjadi komponen utara-selatan (meridional, arah lintang) dan komponen timur-barat (zonal, arah bujur). Hal ini dilakukan untuk lebih memudahkan analisis dan pengolahan data, karena angin dan arus laut adalah vektor yang memiliki besar dan arah.

Dalam kaitannya dengan El-Nino, tinjauan banyak dilakukan terhadap angin zonal karena komponen itulah yang dominan dalam menentukan atau mengindikasikan terjadinya El-Nino. Seperti sudah diketahui, pada kondisi normal, angin pasat di sepanjang Pasifik dekat ekuator akan berhembus ke arah barat. Ketika terjadi El-Nino, angin ini akan melemah dan cenderung berbalik arah ke timur, sehingga massa air panas akan terbawa ke Samudera Pasifik tengah dan timur dekat ekuator (daerah Nino) dan membentuk kolam air hangat di sana.


Actions

Information

Leave a Reply

