Air Laut yang Selalu Bergerak

12 09 2006

Bumi kita dikelilingi oleh dua lautan yang sangat luas: lautan udara dan lautan air. Keduanya berada dalam keadaan bergerak yang tetap, dibangkitkan oleh energi dari matahari dan gaya gravitasi Bumi. Gerakan-gerakan mereka saling berhubungan: angin memberikan energinya ke permukaan laut sehingga menghasilkan arus laut, dan arus laut membawa energi panas dari satu lokasi ke lokasi lainnya, mengubah pola temperatur permukaan Bumi dan juga mengubah sifat-sifat fisis udara di atasnya.

Di laut terbuka, air laut digerakan oleh dua sistem angin. Di dekat khatulistiwa, angin pasat (trade wind) menggerakkan permukaan air ke arah barat. Sementara itu, di daerah lintang sedang (temperate), angin baratan (westerlies wind) menggerakkan kembali permukaan air ke timur. Akibatnya di samudera-samudera akan ditemukan sebuah gerakan permukaan air yang “membundar”. Di belahan bumi utara, angin ini membangkitkan arus yang bergerak searah jarum jam, sementara itu di belahan bumi selatan dia bergerak berlawanan arah jarum jam.

Arus laut, baik yang di permukaan maupun di kedalaman, berperan dalam iklim di Bumi dengan cara menggerakkan air dingin dari kutub ke daerah tropis dan sebaliknya. Sistem arus global yang mempengaruhi iklim di Bumi ini biasa disebut sebagai “Great Ocean Conveyor Belt” atau dalam bahasa Indonesia saya biasa menyebut sebagai “Sabuk Arus Laut Dunia”.

Air laut selalu dalam keadaan bergerak. Arus laut bergerak tak ubahnya arus di sungai, gelombang laut bergerak dan menabrak pantai, dan gaya gravitasi bulan dan matahari mengakibatkan naik turunnya air laut dan biasa disebut sebagai fenomena pasang surut laut.

Arus laut tercipta karena adanya pemanasan di beberapa bagian Bumi oleh radiasi sinar matahari. Air yang lebih hangat akan “mengembang”, membuat sebuah kemiringan (slope) terhadap daerah sekitarnya yang lebih dingin, dan akibatnya air hangat tersebut akan mengalir ke arah yang lebih rendah yaitu ke arah kutub yang lebih dingin daripada ekuator.

Gelombang laut tercipta karena adanya transfer energi dari angin ke permukaan laut. Energi yang tertransferkan ini akan bergerak melintasi permukaan laut, dimana air laut sendiri bergerak dalam gerakan “membundar” (circular motion) di bawah permukaan laut.

Pasang surut (pasut) laut adalah gerakan berirama dan dapat diramalkan yang dibangkitkan oleh gaya gravitasi bulan dan matahari. Rentang pasut dapat bervariasi secara “dramatis”, bergantung pada bentuk (morfologi) perairannya. Di beberapa tempat , beda antara pasang tertinggi dan surut terendah (rentang pasut) bisa mencapai puluhan meter.


Actions

Information

15 responses

14 09 2006
roffi

Ini teori kuliah ya?

Tolong kutip darimana anda menerjemahkannya. Atau kalau karangan sendiri ya lebih baik anda menyebutkan siapa yang mengarangnya

Lestarikan alam Indonesia!!!

18 09 2006
Anonymous

Arus laut tercipta karena adanya pemanasan di beberapa bagian Bumi oleh radiasi sinar matahari. Air yang lebih hangat akan “mengembang”, membuat sebuah kemiringan (slope) terhadap daerah sekitarnya yang lebih dingin, dan akibatnya air hangat tersebut akan mengalir ke arah yang lebih rendah yaitu ke arah kutub yang lebih dingin daripada ekuator.

Comment :

Om Agus,
Saya pikir, slope akibat thermal expansion tidaklah secara langsung menggerakan arus, melainkan harus ditinjau heat budgetnya dahulu. Check dech di Samudra Hindia.. apa arusnya bergerak ke Artik ?

Yg lebih tepat slope yg diakibatkan oleh angin yg berhembus akibat adanya variasi spasial & temporal pemanasan permukaan laut.

Om Roffi,

Kalau tulisan ini buatannya Om Agus, untuk apa dia pengunguman yg ngarang ? Itu namanya Redundant.. alias sia2 alias ngapain.. ada2 aja. Wong Om Agus nulis di blog nya dia.

19 09 2006
oseanografi

# anonym:
thx utk penjelasannya. seharusnya, mengembangnya air yang lebih hangat merupakan salah satu penyebab dibangkitkannya arus selain faktor2 lainnya seperti hembusan angin.–>

23 10 2006
ezra

tolong kirim buat aku data tentang gelombang dan pasang surut

23 10 2006
ezra

tolong kirim buat aku data tentang gelombang dan pasang surut

26 10 2006
oseanografi

# ezra:

wah, kalau kirim data saya gak punya…

10 11 2006
ephee

maaf,saya bingung nyari materi tentang sifat-sifat gelombang, Apa saja penyebab terjadinya gelombang itu, dan semuanya yang menyangkut gelombang. tolong kirim materinya ya.

23 11 2006
nooresha

thanks ya bwt infona …
data ini aku copy ya bwt bikin tugas praktikumku…

5 08 2007
heZty

Tolong sebutin dan jelasin dung sifat-sifat gelombang secara detail

thanks before

19 09 2007
tiwi

aLLuw….
boleh minta materi untuk mata kuliah oceanografi gak?
kebetulan saya ingin menjadi asisten di mata kuliah itu. atau kalau boleh, tolong rekomendasikan kepada saya tentang buku2 yang bagus dijadikan pedoman atau artikel2 dengan materi
1. pasang surut
2. arus
3. gelombang
4. sedimen
dan kalo boleh cara mengukurnya saya minta.
thanks b4…

cheers,
tiwi

20 09 2007
mib

tanya ni, dalam 1 hari pada satu akan terjadi pasang berapa kali?

25 09 2007
adnan

Bisa dijadikan bahan-bahan untuk tulisan. Tolong juga dimuat tentang terjadinya perubahan dinamika pantai terutama kaitannya dengan reklamasi pantai. Thanks.

17 10 2007
nindy

saya dapat tugas tolong di buat bentuk-bentuk gelombang yang ada di sekitar kita di kehidupan sehari-hari. dan kelompokan gelombang tersebut berdasarkan persamaan sifatnya,,,,tolong ya penting banget nih

6 04 2010
1 05 2010
adiputra

informasi penting tentang laut indonesia dimohon untuk selalu di sebarluaskan pada seluruh bangsa ini. kita negara bahari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: